Sujud

Dituturkan dari Abu Firas Rabi’ah bin Ka’b Al-Aslami, seorang pelayan Rasulullah :

“(Suatu saat) saya bermalam bersama Rasulullah SAW. Saya menyediakan air wudhu dan kepentingan beliau yang lain.

Kemudian beliau bersabda : ‘Mintalah engkau (sesuatu) kepadaku’

Jawab saya : ‘Saya minta kepadamu kiranya saya dapat menemanimu dalam surga’

Tanya beliau : ‘Apakah tidak ada permintaan yang lain?’

Jawab saya : ‘Hanya itu wahai Rasulullah’

Beliau pun bersabda : ‘Bantulah saya, agar permintaanmu itu terkabul, dengan memperbanyak sujud’.

(Hadits ini dituturkan oleh Muslim)

Pernah merenungkan apakah memang anatomi tubuh kita dirancang untuk dapat melakukan sujud..

Posisi sujud menggunakan hampir seluruh persendian yang kita miliki mulai dari jari kaki, pergelangan kaki, lutut, pinggul, tulang belakang, siku, pergelangan tangan dst..

Ah.. mungkinkah sujud adalah posisi terbaik dari seorang hamba..

“Hai orang-orang beriman, ruku’lah, sujudlah dan sembahlah Tuhan kamu dan berbuatlah kebaikan supaya kamu memperoleh kemenangan” (QS Al Hajj 22:77)

Tentang Keping Hidup

Coretan kisah, renungan, makna untuk menyusun keping pengalaman hidup menjadi sebuah gambar utuh yang indah, semoga...
Pos ini dipublikasikan di Islam dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

20 Balasan ke Sujud

  1. Asop berkata:

    Sujud juga memperlancar peredaran darah ke derah kepala. Ini cuman sedikit dari bonus kesehatan yang didapat… 😀

  2. DikMa berkata:

    wah blog yang sangat menyejukan, thanks

  3. darahbiroe berkata:

    hehe iya bener sujud adalah posisi terbaik dari seorang hamba 😀
    setujuh banget

  4. semoga kita selalu menjadi hambannya yg tetap berpegang teguh pada perintah dan laranganNya.

  5. sapta berkata:

    indahnya..
    apalagi diwaktu malam dimana banyak orng yg tidur.. Allah akan mendengar semua keluhan yg kita utarakan.. 😀

  6. Irfan berkata:

    sujud = bentuk penghambaan, bentuk kesyukuran, bentuk ketaatan. pada-Nya, Allah SWT.

    dari segi posisi jelas sudah terbukti untuk kesehatan!

  7. ABDUL AZIZ berkata:

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Tulisan pendek yang menarik. Sujud memang merupakan simbol keimanan, ketaatan, dan ketakwaan kepada Allah. Kita ingat bagaimana iblis tidak mau bersujud ketika diperintah Allah.
    Mohon maaf Kang, sudah lama saya absen dalam blogging, terakhir saya berkunjung ke sini pada 20 Februari lalu.
    Terima kasih Kang Indra selalu mengunjungi saya.
    Salam buat kelurga.

  8. Kang Bondan berkata:

    Sujud , kepala merendah, tapi justru terangkat derajatnya oleh Allah

  9. doelsoehono berkata:

    Ass wr wb .

    semoga kita tetap bersujud bisa menjalankan perintahNya dan menjauhi segala laranganNya .

    Selalu mengingatkan untuk selalu berIman .

  10. doelsoehono berkata:

    mampir lagi …Olah raga yang paling sehat hanyalah Sholat .

Tinggalkan Balasan

